Wednesday, December 19, 2012

Jenis-jenis Ikan Paus


  1. Bowhead Whale / Balaena mysticetus
Adalah paus baleen dari keluaarga Balaenidae. Paus hitam tanpa sirip dorsal, yang dapat tumbuh hingga panjang 20 meter. Perkiraan beratnya dapat mencapai 136 ton, beda tipis dengan paus biru, walaupun panjang maksimumnya tidak sepanjang paus lain.Habitatnya berada pada perairan Antartika dan sub-Antatika, tidak seperti paus lain yang bermigrasi untuk makan atau berkembang biak. Bowhead mungkin termasuk mamalia terpanjang dan juga memiliki mulut terbesar.
Bowhead juga merupakan salah satu target perburuan. Populasi awalnya berkurang sebelum adanya memorandum di tahun 1966. Estimasi populasinya saat ini sekitar 24,900, turun hampir separuhnya dari perkiraan awal sekitar 50,000. Kasian banget gan.
 2.   North Atlantic Right Whale, Eubalaena glacialis
The North Atlantic right whale (Eubalaena glacialis yang artinya “baik, atau benar, paus dari es”) termasuk juga paus baleen, satu dari tiga spesies yang termasuk dalam keluarga Eubalaena, namun sebelumnya sempat diklasifikasikan dalam spesies tunggal (sempet sok tau yang klasifikasiinSekitar 400 paus ini hidup di lautan Atlantik. Mereka bermigrasi pada saat mencari makan di teluk Maine, Georgia dan Florida, sebuah area lautan yang cukup padat dengan lalu-lintas kapal kargo.Paus dewasa memiliki panjang rata-rata 11–17 m dan memiliki berat 17 ton; spesies terbesar yang pernah diukur memiliki berat 17 ton dan panjang 18 meter  dan yang perempuan bisa lebih gede lagi gan .

Tidak seperti paus lain, paus ini lebih seneng ngambang, datanya sedikit banget tentang paus ini, tapi dipercaya bisa hidup sampai 50 tahun, dan beberapa bisa hidup lebih dari 1 abad. 
 3.   Beluga, Delphinapterus leucas


Beluga atau paus putih (Delphinapterus leucas) hidup di Antartika dan spesies sub-Kutub Utara cetacea. Salah satu dari dua anggota keluarga Monodontidae, bersama dengan narwhal tersebut. Mamalia laut ini sering disebut hanya sebagai Beluga atau kenari laut karena kegugupan yang bernada tinggi. Hal ini sampai dengan 5 meter panjang dan berwarna putih semua jelas dengan benjol khas pada kepala. Dari perspektif konservasi, beluga dianggap “mendekati terancam” oleh Uni Internasional untuk Konservasi Alam; namun subpopulasi dari Cook Inlet di Alaska dianggap kritis dan berada di bawah perlindungan Endangered Species Amerika Serikat ‘Undang-Undang.


No comments:

Post a Comment